Mainan Anak-Anak Masih Di Dominasi Produk Import

Di posting oleh Lilin Putih Blog pada 10:59 AM, 27-Jun-12

Di: Informasi Ringan , Opini

Mainan Anak-Anak Masih Di Dominasi Produk Import - Ditengah banyaknya kebutuhan mainan anak-anak membuat Indonesia masih tergantung pada produk import. Seperti yang kebanyakan diketahui bersama, dari dulu sampai sekarang rata-rata mainan anak-anak yang beredar dipasaran masih produk luar khususnya yang paling banyak dari negeri tirai bambu. Hal ini bukan mengada-ada dan benar adanya. Fakta ini sering saya temui waktu kecil dulu ketika sering membeli mainan anak-anak. Contohnya; dulu aku sering dan gemar sekali bermain tamiya, hampir tiap minggu aku pergi ke kampung sebelah di rumah salah seorang penjual sekaligus pemilik lintasan mainan anak yang pertama dipopulerkan dalam animasi anak "Let,s & Go!" itu mengingat di kampungku masih belum ada yang mempunyai lintasannya. Singkat cerita, saya amati beberapa tamiya milik temanku dan beberapa punyaku sendiri hampir/semua produknya bertuliskan "Made In China". Hal ini jelas membuktikan bahwa produk luar negeri masih merajai dunia mainan anak-anak di Indonesia khususnya produk dari China.

Mainan lainnya juga hampir semua sama buatan luar Negeri. Walaupun juga ada produk mainan Anak-anak asli buatan Dalam Negeri namun kebiasaan masyarakatnya yang masih cenderung memilih produk luar karena berbagai alasan seperti kebanyakan menganggap kualitas buatan dalam Negeri yang kurang bagus, harganya lebih murah bila dibandingkan produk Negeri sendiri, gengsi, produk negeri sendiri peredarannya yang masih sedikit bila dibandingkan dengan produk luar sehingga agak sulit menjumpainya dan berbagai alasan lainnya. Dengan alasan itu membuat produsen mainan anak-anak di Indonesia semisal Keretaminiku.Com Produsen Kereta Mini Mainan Di Indonesia agak sulit berkembang jikalau komsumennya masih lebih memilih produk Import dibanding produk asli buatan Indonesia. Sebenarnya bila dibandingkan produk mainan Import dan produk mainan made in Indonesia saya rasa tidak kalah bersaing baik kualitas atau pun kuantitasnya. Namun mungkin karena "kepopuleran" dan harga murah dari produk mainan Import membuat konsumen lebih tertarik membeli mainan Luar. Tapi sungguh disayangkan, meskipun di media massa atau surat kabar banyak yang memberitakan bahwa bahan pembuatan mainan Import tidak sedikit yang mengandung zat berbahaya bagi kesehatan penggunanya namun konsumen di Indonesia masih saja membeli dan menggunakannya padahal sudah jelas diberitakan berbahaya. Ini juga kembali kepada konsumen khususnya orang tua hendaknya harus teliti dan cekatan dalam membeli mainan untuk si Buah Hatinya. Jangan hanya dilihat dari bentuknya saja tapi lihatlah juga sisi lainnya seperti dari segi kesehatan, kegunaan atau pun sisi keamanan si penggunanya.

Tentu tidak hanya produk mainan anak-anak yang masih di dominasi produk import tapi juga hampir semua produk lainnya juga masih didominasi produk luar padahal sebenarnya di Indonesia juga bisa dan banyak yang membuatnya seperti produk elektronik, peralatan dapur atau rumah tangga dan lainnya. Tapi entah mengapa konsumen lebih memilih produk luar dibanding produk dalam Negeri. Mungkin karena beberapa alasan diatas tadi membuat masyarakat lebih memilih produk Import ketimbang produk Indonesia.

Bersama dengan adanya artikel ini Lilin Putih Blog ingin mengajak kepada semua masyarakat Indonesia untuk lebih memilih (bukan melarang) produk asli buatan Anak Bangsa agar kedepannya para produsen mainan anak-anak seperti Keretaminiku.Com Produsen Kereta Mini Mainan Di Indonesia, serta produsen-produsen produk lainnya lebih maju dan berkembang. Jika sudah berkembang dan maju tentu akan membuka lapangan pekerjaan baru yang lebih banyak. Kalau sudah demikian otomatis taraf hidup masyarakat disekelilingnya juga akan meningkat. Akhirnya saya ucapkan terima kasih dan semoga bermanfaat buat kita semua.

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

17 tanggapan untuk "Mainan Anak-Anak Masih Di Dominasi Produk Import"

Eddy Mahendra pada 11:14 AM, 27-Jun-12

Sukses kontesnya bro Keretaminiku.com Produsen Kereta Mini Mainan di Indonesia

'eQokk Als Paunathans pada 11:18 AM, 27-Jun-12

Bkn cuma mainanya aja sob. .tapi, penduduknya udah byk made in luar.smile
nice post sob. .

Kode Voucher Pulsa pada 11:20 AM, 27-Jun-12

itulah Indonesia, negara yang lebih hobby memakai biggrin

Koleksi Game Lengkap pada 11:29 AM, 27-Jun-12

hadir
Bener bgt gan, sepupu sya juga skrng mainan nya tamiya.. sad
Produk indonesia hampir di lupakan.

Agooezz pada 12:43 PM, 27-Jun-12

Yupppz....saat kita menggunakan produk dlm negri smile

Boedi Wbs pada 01:48 PM, 27-Jun-12

produk indo dgusur ma produk luar, krna mudahnya brang luar yg msuk ke negri kita,


Jangan lupa kunbalnya ya tuk silaturahmi, biggrin

http://boedi17.heck.in/10-konsep-sepeda-yang-unik-dan-kreatif-d.xhtml

Doyindo pada 01:53 PM, 27-Jun-12

qw tetep cinta Indonesia !!
kapan ya question Indonesia Biza menciPtakan Hp Sendiri exclaim
Hp Made In Indonesia, Pazti keren..
d.Tunggu Kunbal dan Folbacknya sh0B

Abdul Hakim pada 01:54 PM, 27-Jun-12

seiring berubahnya zaman dan kehdupan manusia maka semuax akan ikut terpengaruh.

Ripappi pada 03:59 PM, 27-Jun-12

ane kagum bnget ama artikel master,,sempurna banget biggrin

merupakan suatu kehormatan jika master mau berkunjung balik di blog saya

http://rifaisoekamti.mywapblog.com

'kodells.mbim pada 06:39 PM, 27-Jun-12

Malem sob,, bener tuh mari pilih produk dlm negri..

Dendri pada 08:00 AM, 28-Jun-12

bener bgt gan, Bukan mainan saa pakean adat ke timur timuran juga gg ada..

MyLonely pada 11:04 AM, 28-Jun-12

indo gak kreatif seh

Herupart2 pada 06:59 PM, 28-Jun-12

biggrin biggrin biggrin biggrin biggrin biggrin
bener banget kang , , bda ma zaman ane dlu kang , , semuanya serba tradisional
Semoga admin dan blognya selalu sukses
Kunjungan sobat selalu ane nantikan di
arrowhttp://herupart2.mywapblog.com

salam mywapblog
biggrin biggrin biggrin biggrin biggrin biggrin

Hendry Denniez pada 11:58 PM, 28-Jun-12

ya mungkin karena kurangnya sosialisasi ya ,ttg mainan made in Indonesia,terus gencarkan sosialisasinya masta,ane dukung 100%
salam sukses
http://hendrydenniez.mywapblog.com

N'tonherrystyadi Bilakumati'kaujugamati pada 06:16 AM, 29-Jun-12

Produk cina gak nahan bro..
banyak betul..

http://blogkopbrot.heck.in/

αяĻι мυƒту тнυιηк-тнυιηк pada 12:52 PM, 03-Jul-12

Ea yh,,made in cina populer bgt di indo,,bhkan produk indo sndri malah mengatasnamakan made in cina.

Belajar Ngeblog Bersama pada 04:59 PM, 03-Jul-12

ane gk menyangkal byk produk mainan dr china, tetapi salahnya sih Indo sendiri biar laris ngasih label buatan china, udah tuk mis. Kayak makanan mentang2 laris eh dinaikin udah tuh kualitasnya dan bentuknya berkurang. Itu knp org kita suka dgn produk luar negeri.

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar